Total Tayangan Halaman

Jumat, 24 Juni 2016

Tugas 5 Bahasa Indonesia 1 : Hardware komputer.

           Hardware atau dalam bahasa indonesia disebut dengan nama perangkat keras. (Sunarto, 2002) mengatakan bahwa perangkat keras atau hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan disentuh secara langsung dan berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan atau disebut juga dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Secara fisik, komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem.
            Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, maka akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses yang ada dikomputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras atau hardware. Berdasarkan fungsinya perangkat keras komputer dibagi menjadi 5 bagian yaitu input divice (unit masukan), process device (unit pemrosesan), output device (unit keluaran), backing storage (unit penyimpanan), periferal (unit tambahan). Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage.
            Input device atau unit masukan adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah dari pengguna yang akan diproses oleh komputer, contoh dari unit masukan diantaranya keyboard, mouse, scanner dan joystick. Process device atau unit pemrosesan adalah perangkat keras yang digunakan untuk memproses data atau perintah yang telah diberikan oleh pengguna, contohnya processor. Output device atau unit keluaran adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna, contohnya antara lain monitor, speaker, printer dan proyektor. Backing storage atau unit penyimpanan adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program, contoh unit penyimpanan yaitu harddisk, floppy disk dan CD/DVD ROM. Periferal atau unit tambahan adalah alat yang dapat ditambahkan pada suatu unit komputer, sehingga komputer tersebut memiliki fungsi baru, karena fungsinya hanya tambahan maka tanpa periferal ini pun komputer tetap dapat berfungsi seperti biasa, contoh dari unit tambahan yaitu fax dan modem.

Daftar pustaka :

Ridwana, Vicky. 2011.Hardware Komputer. http://belajar-komputer-mu.com . diunduh tanggal 17 juni 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran IT Dalam Dunia FinTech (Financial Technology)

Peran IT Dalam Dunia FinTech (Financial Technology) Pengertian Financial Technology              Pengertian finansial  da...