Total Tayangan Halaman

Jumat, 24 Juni 2016

Tugas 7 Bahasa Indonesia 1 : Dampak Komputer terhadap Perkembangan Bisnis.

          Bisnis yaitu suatu bentuk dari aktivitas yang memiliki tujuan utama untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan didalam terjadinya aktivitas tersebut (L.Dicksee, 2014). Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara dan secara umum yaitu perusahaan perseorangan, persekutuan, perseroan, dan koperasi. Fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk yang semula kurang bernilai setelah diubah atau diolah sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai konsumen. Perkembangan cara berbisnis seiring berjalannya waktu selalu berubah dan produk yang ditawarkan pun juga berubah.
            Dalam era bisnis global, pengaruh kemajuan teknologi seperti komputer tidak dapat dihindarkan. Karena komputer pada masa saat ini memiliki fungsi yang sangat membantu pekerjaan dalam segala bidang, tidak terkecuali pada bidang ekonomi bisnis. Komputer yang terkoneksi dengan internet akan lebih mempermudah pekerjaan, misalnya saja pada masa kini manusia untuk memenuhi kebutuhan tak perlu beranjak dari tempat dan dapat memesan hanya melalui sistem belanja online. Tidak hanya berlaku untuk komputer tetapi juga untuk peralatan elektronik lain seperti handphone atau tablet yang terkonekis internet dapat melakukan sistem belanja online. Pemanfaatan teknologi seperti ini sangat memudahkan masyarakat atau konsumen.
            Belanja online atau E-Commerce ialah suatu proses yang dilakukan konsumen dalam membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik dari perusahaan ke perusahaan lain dengan menggunakan komputer sebagai perantara transaksi bisnis yang dilakukan (Loudon, 1998). E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping. Terdapat 2 macam kegiatan E-Commerce berdasarkan karakteristiknya yaitu business to business dan business to consumer. Selain itu disamping kebutuhan akan sandang, pangan dan papan sebagian besar masyarakat semakin merasakan informasi sebagai salah satu kebutuhan pokok.  Seiring dengan hal tersebut, informasi telah berubah bentuk menjadi suatu komoditi yang dapat diperdagangkan sehingga menjadi peluang bisnis baru.
            Dari sekian banyak kemudahan yang ditawarkan sistem belanja online, terdapat ancaman bagi konsumen yang perlu diperhatikan. Terdapat beberapa bentuk ancaman antara lain authorization violation dan communications monitoring. Authorization violation adalah pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang legal yang dimiliki seseorang yang berhak mengakses sebuah sistim. Communications monitoring yaitu seseorang dapat memantau semua informasi rahasia dengan melakukan monitoring komunikasi sederhana di sebuah tempat pada jaringan komunikasi. Ancaman tersebut sangat merugikan masyarakat sebagai konsumen maka diperlukannya sifat ketelitian dan berhati-hati ketika melakukan transaksi belanja online. 


Daftar pustaka :

Maharsi, Sri. 2000. Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen. http://ebookinga.com/ . diunduh tanggal 24 juni 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran IT Dalam Dunia FinTech (Financial Technology)

Peran IT Dalam Dunia FinTech (Financial Technology) Pengertian Financial Technology              Pengertian finansial  da...