Total Tayangan Halaman

Jumat, 24 Juni 2016

Tugas 6 Bahasa Indonesia 1 : Peranan komputer untuk manusia.

            Dalam era yang serba teknologi saat ini, kemajuan bidang teknologi sangatlah berkembang pesat dari waktu ke waktu. Komputer menghasilkan sumber intelektual mendasar dan baru. Kemajuan yang dicapai oleh umat manusia, baik itu bidang sosial, bidang informasi maupun bidang pendidikan, salah satunya adalah peranan komputer dalam kehidupan manusia (Paul F. Merill, 1996). Peran komputer dalam kehidupan sangat banyak, misalnya membantu pekerjaan menjadi lebih cepat dan mudah, membantu dalam berkomunikasi, dan sebagai alat hiburan. Selain itu komputer juga sangat membantu di bidang pendidikan, kesehatan, transportasi, jasa pengiriman barang, industri otomotif dan jasa percetakan.

            Peran komputer dibidang kesehatan salah satunya untuk mempermudah dokter dan perawat ketika memonitor kesehatan pasien, seperti memeriksa detak jantung pasien melalui monitor komputer dan memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Peran komputer dibidang pendidikan, dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran, jadwal pelajaran sekolah, daftar nama siswa, membuat daftar nilai siswa, absen siswa, membuat perhitungan gaji pegawai, perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah dan untuk mengakses informasi pendidikan melalui internet. Peran komputer dibidang jasa pengiriman barang yaitu pada kantor pos dapat mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat. Dengan adanya komputer dan internet masyarakat tidak perlu menunggu berhari-hari menerima surat, cukup melalui email dapat lebih cepat. Peran komputer sebagai alat hiburan, dahulu alat hiburan hanyalah radio, tape, dan televisi, dengan adanya komputer manusia dapat menghibur diri dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer.

            Tetapi dari sekian banyak sisi positif yang dapat diperoleh dari komputer, terdapat sisi negatif yang dapat ditimbulkan oleh komputer. Efek negatif yang ditimbulkan yaitu pertama pada mata, mata menatap tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu dan jingga akan lebih mempercepat kelelahan pada mata. Komputer bisa membuat seseorang mengalami ketergantungan, beberapa survey diluar negeri telah menunjukkan bahwa sebagian pengguna komputer menyatakan tidak dapat hidup tanpa komputer. Sebagian besar dari mereka seakan menganggap kehidupan didunia maya merupakan kehidupan yang sebenanya. Komputer dapat memicu timbulnya watak penuh kekerasan, hal seperti ini dapat terjadi karena ada banyaknya game-game yang mengandung unsur kekerasan. Akan tetapi untuk segala baik dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada pemakainya, dan yakin bahwa komputer diciptakan pada dasarnya bukanlah untuk membuat hal-hal yang buruk, tetapi untuk membantu manusia dalam mempermudah segala bidang pekerjaan namun ada beberapa sisi buruk dari komputer yang bisa dilakukan oleh penggunanya.

 

Daftar pustaka :


Prasetya, Agung. 2016. Manfaat komputer dalam kehidupan. http://u-trik.com/ . diunduh tanggal 16 juni 2016. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran IT Dalam Dunia FinTech (Financial Technology)

Peran IT Dalam Dunia FinTech (Financial Technology) Pengertian Financial Technology              Pengertian finansial  da...